Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam dunia pendidikan.
- Menurut Muhibin Syah (2002),
Psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.
Psikologi adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubung dengan pendidikan manusia.
- Menurut Tarif (dalam Syah, 1997: 13)
Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
Menurut Sumadi Suryobroto, ruang lingkup psikologi pendidikan antara lain.
Pendidik atau guru perlu memiliki pengetahuan yang lebih untuk memberikan pengajaran kepada pesertadidik nya. Proses belajar mengajar memberikan dampak secara pengetahuan (kognitif) pada peserta didik yang awalnya tidak tau menjadi tau. Guru atau pengajar perlu memiliki pengetahuan tentang metode pembelajaran dan pengetahuan lainya tentang masalah yang mungkin ada pada peserta didik.
Proses pembelajaran yang interaktif dari guru akan memberikan respon positif dan motivasi dari peserta didik saat proses belajar mengajar.
- Proses-proses tingkah laku
Menurut Soejabrata, psikologi pendidikan ditinjau secara dinamis secara dinamis yakni mencakup perubahan perilaku seperti :
- Perubahan perilaku karena pertumbuhan dan perkembangan.
- Perubahan perilaku karena belajar merupakan faktor yang penting dalam pembelajaran.
- Hakikat dan ruang lingkup belajar
Hakikat merupan hal yang mendasari dalam proses belajar. Hakikat dan ruang lingkup belajar mengacu proses pembelajaran seperti interaksi, materi yang diberikan kepada siswa.
Guru mempengaruhi perkembangan siswa dari tingkah laku yang ditunjukan ketika di kelas, ketertarikan atau keaktifan saat mengikuti pembelajaran, hasil yang didapatkan ketika les.
- Faktor yang mempengaruhi belajar
Situasi belajar sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Situasi seperti tempat dan suasana sangat mempengaruhi keberhasilan mengajar seorang guru. Kondisi ruang kelas, ruang laboratorium, dll merupakan fasilitas yang mempengaruhi kualitas belajar mengajaar.
Faktor yang mempengaruhi belajar berhasal dari dalam atau diri siswa yaitu motivasi, bakat, intelegensi, kemampuan diri menyesuaikan lingkungan belajar.
Pengukuran pendidikan merupakan evaluasi yang dilakukan peserta didik setelah mendapatkan proses pembelajaran dalam waktu tertentu untuk mengukur perkembangan pendidikan yang pernah didapat.
Aspek praktis pengukuran merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengetahui perubahan perilaku siswa hasil dari proses pembelajaran.
Pembelajaran dengan sistem dan interaksi yang baik dan positif dengan komunikasi yang menyenangkan antara guru dan anak didik menyebabkan anak didik menerima ilmu yang diberikan dan menyukai gurunya. Namun, jika interaksi dan komunikasi guru pada siswa kurang baik, maka siswa akan menjadi tidak suka dan menunjukkan sikap yang negatif.
Kesehatan mental anak didik ditandai dengan keikutsertaannya dan keaktifannya dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran baik secara individu maupun berkelompok.
Kurikulum merupakan kerangkan pembelajaran untuk tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
0 komentar:
Posting Komentar